Minggu, 07 November 2010

Klepto Mania




Kleptomania (bahasa Yunani: κλέπτειν, kleptein, "mencuri", μανία, "mania") adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya. Sang penderita biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut. Tindakan ini harus dibedakan dari tindakan mencuri biasa yang biasanya didorong oleh motivasi keuntungan dan telah direncanakan sebelumnya.

Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus, kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulimia Nervosa, paranoid, schizoid atau borderline personality disorder.[1] Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.[2][3]

Mungkin anda tidak menyangka teman dekat anda ternyata memiliki perilaku yang kurang menyenangkan, yaitu senang mengambil barang orang lain atau biasa disebut kleptomania. Memang perilaku ini termasuk dalam kelompok besar yang menjadi gangguan kebiasaan dan impuls. Gangguan ini ditandai oleh tindakan yang dilakukan berulang, tidak memiliki motivasi yang rasional dan jelas serta akan merugikan kepentingan dirinya maupun orang lain.

 http://img268.imageshack.us/img268/2787/heytheyarethief9.jpg

Tetapi sebenarnya perilakunya disertai dengan impuls yang tidak dapat dikendalikan. Karena dia mencuri barang bukan untuk memilikinya dan hal itu terdorong secara tiba-tiba setelah melihat benda itu. Memang tidak ada yang mengetahui apa penyebabnya tetapi ada yang menduga dari pandangan psikodinamika karena ada pertahanan melawan impuls, keinginan, konflik atau kebutuhan yang menakutkan di alam bawah sadar. Impuls atau keinginan ini merupakan refleksi motif seksual atau masochistic (kesenangan karena menderita) dan tindakan mencuri merupakan pengeluaran impuls yang menunjukkan mekanisme narsisistik individu yang mudah dikritik untuk mencegah pengecilan diri.

Kebanyakan penelitian mengatakan bahwa seorang dengan kleptomania memiliki keruwetan dan disfungsi pada masa kanak-kanaknya. Dorongan mencuri merupakan usaha untuk mengembalikan kekurangan pada masa kanak-kanak dini. Kleptomania sering ditemukan merupakan bagian dari spektrum gangguan afektif atau memperlihatkan gejala obsesif kompulsif termasuk kompulsif dalam mencuci tangan, membersihkan, memeriksa, mengumpulkan dan membeli sesuatu atau gangguan makan terutama bulemia. Kleptomania erat hubungan dengan sistem serotonergik.

http://s3.hubimg.com/u/3439986_f520.jpg

Kleptomania merupakan kecenderungan yang tidak bisa ditahan untuk mencuri, bukan disebabkan karena kemiskinan tetapi karena kelemahan jiwa. Seorang kleptomaniak melakukan pencurian bukan karena dia memang memerlukan barang yang diambilnya atau bukan karena barang itu memang memiliki nilai yang mahal. Tapi dia melakukan pencurian karena adanya dorongan yang tidak bisa ditahannya.

Hal ini jelas berbeda dengan seorang pencuri biasa yang merasa khawatir kalau-kalau tindakannya diketahui orang lain, maka seorang kleptomaniak sama sekali tidak memiliki kekhawatiran seperti itu saat dia melakukan pencurian. Bagi diri seorang kleptomaniak, mencuri justru merupakan sebuah tindakan yang menyenangkan bagi dirinya.

Menurut berbagai penelitian, kleptomania merupakan sebuah kondisi yang sangat langka dan lazimnya lebih banyak diidap oleh kaum perempuan. Hasil sejumlah studi menunjukkan, dari sejumlah kasus pencurian di dalam toko yang berani diidentifikasi, hanya lima persen saja yang masuk ke dalam katagori kleptomania. Sisanya, sudah pasti adalah pencurian biasa.

Jika dilihat dari ilmu kejiwaan, kleptomania merupakan sebuah impuls abnormal untuk mencuri. Karena dia merupakan penyakit mental patologis. Ada beberapa tanda yang bisa menjelaskan bahwa sebuah pencurian dilakukan karena seseorang yang melakukannya mengidap kleptomania.

Tanda-tanda yang pertama adalah secara impulsif orang bersangkutan mengambil barang tanpa langkah yang berbelit-belit. Biasanya dia akan mengambil barang yang sama berulang-ulang dengan tanpa alasan dan tanpa adanya keperluan memiliki barang tersebut. Dia akan mengalami ketegangan yang meningkat sebelum melakukan pencurian dan merasa senang setelah berhasil mengambil barang tersebut. Tetapi dia tidak akan merasa menyesal sebelum, selama dan setelah melakukan perbuatannya.

Sebenarnya kleptomania bisa diobati oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit obsesif-kompulsif, anti depresi seperti prozac, paxil atau zoloft. Biasanya gangguan ini disebabkan masa kecil yang tidak terpuaskan sehingga mampu menimbulkan kegelisahan atau depresi, banyak psikiater mencoba memberikan obat anti-sedih. Tetapi bisa juga dilakukan pendekatan psikoteraphy dengan cara memperbaiki perilaku atau mengubah cara pemahaman penderita mengenai dirinya.

Penyembuhan dengan pendekatan psikoteraphy dengan orientasi pemahaman memerlukan waktu panjang bisa 2 hingga 3 thun. Ada baiknya dilakukan pendekatan untuk mengenal dirinya melalui meditasi untuk memusatkan pikirannya. Apabila dia bisa melakukan pemusatan pikiran dan bisa tidur nyenyak, maka keseimbangan yang diperoleh ini akan meningkatkan fungsi sistem yang ada dalam tubuhnya.

Sistem saraf otonom, sistem daya tahan tubuh dan sistem hormonal akan bekerja bersama-sama dalam keadaan seimbang yang mempengaruhi sistem neurotransmiter. Keseimbangan neurotransmiter ini akan meningkatkan kesadarannya yang menyebabkan adanya pemahaman diri. Jika dengan dirinya sendiri dia belum mampu untuk memahami dirinya dan mengontrol dirinya maka dia butuh penanganan khusus oleh psikiater untuk mendapatkan psikoterapi meditasi sehingga proses pemahaman bisa diperoleh lebih cepat.

Jika permasalahannya lebih banyak disebabkan oleh masa kecil yang tidak terpuaskan, maka memperbaiki trauma masa lampau sangat membantu memahami dirinya. Dengan membawanya untuk merasakan apa yang terjadi waktu kanak-kanak dan menyelesaikan permasalahannya itu maka permasalahannya semasa kecil bisa dipahami olehnya.

Melakukan meditasi selama 10 menit setiap hari dua kali maka disiplin dalam dirinya akan terbentuk, pengontrolan diri akan terlatih dan terciptanya impuls untuk mencuri bisa segera disadari dan dicegah untuk bertindak. Jadi untuk mengobatinya memang tidak mudah tapi dibutuhkan penanganan yang khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar